Tutorial Edit Ekuivalensi Kegiatan Pembelajaran dan Pembimbingan Sebagai Jam Tambahan bagi Guru Madrasah

Ilustrasi Layanan Simpatika Kemenag_infodinasdepag


Selamat Malam sobat 

Infodinasdepag - Perlu diketahui bahwa bagi rekan PTK/GTK/GURU Naungan kemenag yang sudah tersertifikasi, (PBKM) Pemenuhan Beban Kerja Minimal yang dimana minimal 24 JTM yang merupakan syarat dan ketentuan utama agar Tunjangan Profesi bisa dicairkan. Sedangkan bagi rekan PTK/GTK/GURU naungan kemenag yang belum sertifikasi pun, pemenuhan PBKM Pemenuhan Beban Kerja minimal harus terpenuhi agar PTK/GTK/GURU yang yang berada dinaungan kemenag bisa tercatat aktif sebagai PTK di akun di layanan SIMPATIKA KEMENAG.

Maka sehubungan dengan hal persyaratan dan pembayaran tunjangan profesi guru madrasah tersebut, bahwa 
PTK/GTK/GURU Naungan kemenag yang belum memenuhi beban mengajar minimal 24 JTM tap muka per minggu di madrasah pangkal dapat menambah jam mengajar di sekolah lain sesuai dengan ketentuan. Di samping itu, ekuivalensi kegiatan pembelajaran dan pembimbingan khusus bagi guru madrasah sebagaimana diatur dalam KMA Nomor 103 Tahun 2015 yang memberikan jam tambahan kepada Guru yang mempunyai tugas tertentu; seperti Pembina OSIS, Pembina kegiatan ekstrakurikuler, Guru Piket maupun guru dengan beban pembelajaran Ko-Kurikuler, merupakan salah satu alternatif yang bisa dijadikan solusi bagi madrasah yang mengalami kesulitan dalam hal pembagian dan atau pemerataan jam/beban kerja.

Satu hal yang harus digaris-bawahi adalah bahwa bagi rekan guru yang kekurangan jam mengajar dan menggunakan ekuivalensi tersebut sebagai solusi untuk pemenuhan beban kerja, maka harus pula didukung dengan dokumen yang dipersyaratkan serta kelengkapan administrasi lainnya. Terkait dengan hal ini, sebaiknya Anda konsultasikan terlebih dengan Pengawas atau ke Kantor Kemenag setempat.


Untuk bahan referensi terkait dengan ekuivalensi kegiatan pembelajaran dan pembimbingan khusus guru madrasah, silahkan diunduh di bawah ini :

Berikut ini merupakan Tutorial Edit Ekuivalensi Kegiatan Pembelajaran dan Pembimbingan Sebagai Jam Tambahan bagi Guru Madrasah) yang dilakukan oleh Admin/Operator Madrasah/Sekolah:



1. Login sebagai Admin/Operator/kepala Madrasah/Sekolah pada layanan simpatika kemenag http://simpatika.kemenag.go.id/ 


Menu pilihan Dashboard simpatika_infodinasdepag


2. Pilih menu LAYANAN SIMPATIKA Sekolah >>  Sekolah>>Jadwal>> Edit Ekuivalensi Kegiatan Pembelajaran dan Pembimbingan bagi Guru



3. Pada Menu dashbor Edit Ekuivalensi Kegiatan Pembelajaran dan Pembimbingan bagi Guru, klik tombol plus (+) untuk menambah data baru.
Pemilihan Jadwal daftar baru simpatika_infodinasdepag

4. Pada kotak dialog yang muncul, tentukan guru yang akan ditambahkan jam tambahannya (agar jam tambahan diakui, ekuivalensinya harus sesuai dengan Buku Panduan KMA Nomor 103 Tahun 2015), Maka selanjutnya tentukan jenis tugasnya dan setting jumlah jam pelajarannya. Pastikan Anda juga mengisi catatan tambahan (dapat berupa keterangan tugas tersebut), jika sudah sesuai klik Simpan. Lihat contoh dibawah ini.


Tambah Guru dengan Kegiatan Tambahan simpatika_infodinasdepag

5. Selesai, ini contoh data baru di input di dashbor Edit Ekuivalensi Kegiatan Pembelajaran dan Pembimbingan bagi Guru yang berhasil ditambahkan.
Hasil Tambah Guru dengan Kegiatan Tambahan simpatika_infodinasdepag

Demikian tutorial singkat serta Tutorial Edit Ekuivalensi Kegiatan Pembelajaran dan Pembimbingan Sebagai Jam Tambahan bagi Guru Madrasah).


Baca juga  : 
BUKU Pedoman Pemenuhan Beban Kerja bagi PTK/GTK/Guru Madrasah Naungan Kemenag

Kalau ada lebih dan kurangnya saya mohon dimaafkan dan semoga bermanfaat. kalau ada pertanyaan silahkan komen dibawah, atau kontak facebook saya. (mohon maaf , jawabannya semampu kemampuan saya). Terimakasih